Bassist John Myung

John Myung adalah seorang bassist dan anggota pendiri dari grup progressive metal Dream Theater. Dia lahir pada 24 Januari 1967 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat dari orang tua keturunan Korea Selatan. Dia mulai belajar biola sejak usia lima tahun, dan beralih ke bass guitar saat berusia lima belas tahun. Dia bertemu dengan John Petrucci di Long Island, New York, dan bersama-sama mereka masuk ke Berklee College of Music, di mana mereka bertemu dengan Mike Portnoy. Ketiganya kemudian membentuk Dream Theater, yang menjadi fokus utama karier musik Myung.

Gaya Bermain

Myung terutama menggunakan gaya picking dua atau tiga jari dalam bermain bass. Dia kadang-kadang menggunakan slapping dan popping pada beberapa lagu, seperti “The Dark Eternal Night”, dan juga menggunakan tapping dan harmonik dalam permainan bassnya. Penggunaan harmonik Myung sering disertai dengan efek chorus, seperti pada pembukaan “Lifting Shadows off a Dream”. Lagu-lagu “These Walls” dan “The Dark Eternal Night” menampilkan Myung menggunakan pick. Myung menggunakan baik tapping maupun fingerstyle untuk memainkan Chapman Stick.

Myung terinspirasi oleh band-band seperti The Beatles, Black Sabbath, The Who, Iron Maiden, Rush, Yes, Jethro Tull dan Genesis. ¹² Dia juga mengutip bassist Geezer Butler, John Entwistle, Chris Squire, Steve Harris, Geddy Lee dan Jaco Pastorius sebagai pengaruh utama pada gaya bermainnya. ¹³ Myung dikenal dengan jadwal latihan yang ketat; produser Kevin Shirley dan keyboardist Derek Sherinian telah mengatakan bahwa Myung adalah satu-satunya musisi yang mereka kenal yang “mendinginkan” setelah sebuah pertunjukan. Petrucci telah mengatakan bahwa ketika dia dan Myung berada di sekolah menengah, mereka memiliki kesepakatan untuk berlatih setidaknya enam jam setiap hari.

Kontribusi dalam Dream Theater

Proses penulisan grup Dream Theater membuat sulit untuk mengidentifikasi anggota band yang menciptakan lagu atau bagian lagu tertentu, tetapi pada komentar DVD, anggota band kadang-kadang mengidentifikasi bagian tertentu sebagai “riff John Myung”, seperti bagian dari “Fatal Tragedy” dan pengantar untuk “The Glass Prison”. Myung menulis lirik untuk satu lagu per album dari Images and Words hingga Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory , tetapi setelah itu tidak berkontribusi lirik apa pun hingga A Dramatic Turn of Events . Portnoy telah mengklaim bahwa ini karena lirik Myung biasanya membutuhkan beberapa perbaikan oleh anggota band lain untuk cocok dengan lagu. Akibatnya, band akhirnya memberlakukan aturan lirik yang tidak tertulis yang mengharuskan lirik untuk “dibentuk dengan benar, difrasakan, dibangun, dll. untuk sesuai dengan melodi,” dan “sejak saat itu, John telah agak mundur.

Instrumen

Untuk album debut Dream Theater , When Dream and Day Unite , Myung memainkan bass Music Man StingRay empat senar yang dimodifikasi dan Fender Jazz Bass . Untuk Images and Words , dia menggunakan bass Yamaha RBX6JM enam senar khusus yang dirancang oleh John Carruthers . Kemudian dia mulai menggunakan bass Ernie Ball Music Man StingRay enam senar khusus yang memiliki pickup piezo , preamp EQ 18 volt , dan neck-through konstruksi .

Untuk Images and Words , dia menggunakan bass Yamaha RBX6JM enam senar khusus yang dirancang oleh John Carruthers . Kemudian dia mulai menggunakan bass Ernie Ball Music Man StingRay enam senar khusus yang memiliki pickup piezo , preamp EQ 18 volt , dan neck-through konstruksi . Dia saat ini mendukung Bongo Bass buatan Ernie Ball Music Man .

Karier Lain

Selain Dream Theater, Myung juga terlibat dalam beberapa proyek musik lain, seperti Platypus, The Jelly Jam, Explorers Club, Gordian Knot, dan Nightmare Cinema. Dia juga berkolaborasi dengan beberapa musisi seperti Steve Vai, John Petrucci, Jordan Rudess, Derek Sherinian, dan Tony Levin. Myung juga pernah mengajar bass di Berklee College of Music pada tahun 2002.

Penghargaan

Myung telah menerima banyak penghargaan dan pengakuan sebagai bassist, baik dari kritikus maupun penggemar. Dia telah masuk dalam daftar 100 bassist terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone , ² 10 bassist terbaik versi MusicRadar , ³ dan 10 bassist terbaik versi Total Guitar . Dia juga telah dinominasikan untuk beberapa Grammy bersama dengan anggota Dream Theater lainnya untuk kategori Best Metal Performance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *