Bassist Duff McKagan

Duff McKagan adalah seorang musisi Amerika yang terkenal sebagai bassist dari band hard rock Guns N’ Roses, dengan siapa dia mencapai kesuksesan dunia pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. McKagan bergabung kembali dengan band pada tahun 2016, setelah mereka dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. ¹ Selain Guns N’ Roses, McKagan juga pernah bermain di band-band seperti Velvet Revolver, Hollywood Vampires, Neurotic Outsiders, 10 Minute Warning, The Fartz, Fastbacks, dan Loaded. Dia juga seorang penulis dan pengusaha yang mendirikan perusahaan manajemen kekayaan Meridian Rock.

Kehidupan Awal

Duff McKagan lahir dengan nama Michael Andrew McKagan pada 5 Februari 1964 di Seattle, Washington, AS dari orang tua keturunan Irlandia. Dia adalah anak bungsu dari delapan bersaudara. Dia mulai tertarik dengan musik sejak kecil, terutama rock dan punk. Dia belajar bermain gitar dan drum dari kakak-kakaknya, dan kemudian beralih ke bass saat berusia lima belas tahun. Dia terinspirasi oleh bassist seperti Paul McCartney, John Entwistle, Sid Vicious, Lemmy Kilmister, dan Dee Dee Ramone.

Karier Musik

McKagan mulai bermain di band-band lokal di Seattle pada awal 1980-an, seperti The Vains, The Fastbacks, The Fartz, dan 10 Minute Warning. Pada tahun 1983, dia pindah ke Los Angeles untuk mencari peluang musik yang lebih besar. Di sana dia bertemu dengan Slash dan Steven Adler, yang kemudian membentuk band Road Crew bersamanya. Namun, band itu tidak bertahan lama karena kesulitan menemukan vokalis yang cocok. Pada tahun 1985, McKagan bergabung dengan Guns N’ Roses setelah melihat iklan yang dipasang oleh Axl Rose dan Izzy Stradlin. Dia menjadi bassist tetap band itu dan berkontribusi dalam penulisan lagu-lagu seperti “It’s So Easy”, “Paradise City”, “Sweet Child O’ Mine”, “You Could Be Mine”, dan “Civil War”.

Guns N’ Roses

Dengan Guns N’ Roses, McKagan meraih ketenaran internasional dengan merilis album-album seperti Appetite for Destruction (1987), G N’ R Lies (1988), Use Your Illusion I dan II (1991), dan The Spaghetti Incident? (1993). Dia juga tur secara ekstensif dengan band itu di seluruh dunia dan terlibat dalam beberapa kontroversi dan skandal karena gaya hidup mereka yang liar dan penuh narkoba. Pada tahun 1994, McKagan mengalami pankreatitis akut karena konsumsi alkohol yang berlebihan dan hampir meninggal. Hal ini membuatnya memutuskan untuk berhenti minum dan mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Pada tahun 1997, McKagan mengundurkan diri dari Guns N’ Roses karena tidak puas dengan arah musik band itu dan sikap diktator Rose. Dia adalah anggota terakhir yang keluar dari formasi klasik band itu selain Rose. Pada tahun 2012, dia dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame bersama dengan anggota Guns N’ Roses lainnya, meskipun Rose menolak untuk hadir atau menerima penghargaan itu. Pada tahun 2016, McKagan bergabung kembali dengan Guns N’ Roses untuk tur reuni Not in This Lifetime… Tour bersama dengan Slash dan Axl Rose. Tur ini menjadi salah satu tur konser tersukses sepanjang masa

Tur ini menjadi salah satu tur konser tersukses sepanjang masa.

Karier Penulisan

Selain karier musiknya, McKagan juga menunjukkan bakatnya sebagai penulis. Dia telah menulis kolom mingguan tentang berbagai topik untuk SeattleWeekly.com, ³ Playboy.com, dan ESPN.com. Dia juga menulis buku autobiografi yang berjudul It’s So Easy (And Other Lies) pada tahun 2011, yang menceritakan tentang kehidupan awalnya, karier bersama Guns N’ Roses, masalah kesehatan dan kecanduan, dan pemulihannya. Buku ini menjadi best seller di New York Times dan diadaptasi menjadi film dokumenter pada tahun 2016. Pada tahun 2015, dia menerbitkan buku kedua yang berjudul How to Be a Man (and Other Illusions), yang berisi saran dan anekdot tentang gaya hidup pria modern.

Kehidupan Pribadi

McKagan telah menikah tiga kali dan memiliki dua anak. Dia menikah dengan Mandy Brixx pada tahun 1988 dan bercerai pada tahun 1990. Mereka memiliki seorang putri bernama Grace McKagan, yang lahir pada tahun 1997 dan menjadi seorang model dan penyanyi. McKagan kemudian menikah dengan Linda Johnson pada tahun 1992 dan bercerai pada tahun 1995. Dia saat ini menikah dengan Susan Holmes sejak tahun 1999. Mereka memiliki seorang putri bernama Mae Marie McKagan, yang lahir pada tahun 2000 dan juga menjadi seorang model.

McKagan adalah seorang Kristen yang taat dan menghadiri gereja setiap minggu bersama keluarganya. Dia juga seorang pendukung hak-hak binatang dan vegetarian. Dia suka berolahraga dan bersepeda gunung untuk menjaga kesehatannya. Dia juga seorang penggemar sepak bola Amerika dan pendukung klub Seattle Seahawks . McKagan juga memiliki gelar sarjana dalam bidang bisnis dari Seattle University , yang dia dapatkan setelah mengikuti kuliah online selama tujuh tahun. Dia kemudian mendirikan perusahaan manajemen kekayaan Meridian Rock untuk membantu musisi lain dalam mengelola keuangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *