Bassist Joe Dart

Joe Dart adalah seorang bassist Amerika yang terkenal sebagai anggota dari band funk Vulfpeck. Dia lahir pada 7 April 1991 di Minneapolis, Minnesota, AS. Dia mulai belajar bermain bass saat berusia delapan tahun, ketika orang tuanya menyarankan agar dia dan saudara-saudaranya membentuk band keluarga. Meskipun band keluarga itu tidak pernah terwujud, Dart tetap menyukai bass dan musik funk dan soul dari tahun 60-an dan 70-an. Dia terpengaruh oleh bassist seperti Flea, Verdine White, Rocco Prestia, Pino Palladino, James Jamerson, dan Jaco Pastorius.

Karier Musik

Dart mulai bermain di band-band lokal di Minneapolis pada masa remajanya, dan kemudian melanjutkan pendidikannya di University of Michigan, di mana dia belajar musik jazz. Di sana dia bertemu dengan Jack Stratton, Theo Katzman, dan Woody Goss, yang kemudian membentuk Vulfpeck sebagai band rumah untuk label Vulf Records milik Stratton. Band ini mulai merilis video-video live-in-studio di YouTube pada tahun 2011, yang menampilkan gaya bermain funk yang kental dan humor yang kocak. Video-video itu menjadi viral dan membuat band ini mendapatkan banyak penggemar secara online.

Vulfpeck

Dengan Vulfpeck, Dart telah merilis empat EP, empat album studio, dan beberapa rilis Spotify. Dia juga tur secara ekstensif dengan band ini di seluruh dunia dan berkolaborasi dengan beberapa musisi terkenal seperti Bernard Purdie, David T. Walker, Michael Bland, James Gadson, Michael McDonald, Trey Anastasio, Bootsy Collins, dan Antwaun Stanley. Dart dikenal dengan gaya bermainnya yang sederhana namun groovy, menggunakan teknik picking dua jari dan jarang menggunakan efek atau slap. Dia juga sering memainkan solo bass yang menampilkan kecepatan dan ketepatan jari-jarinya.

Instrumen

Dart biasanya menggunakan bass Fender Jazz Bass empat senar tahun 1965 yang dimodifikasi dengan pickup Seymour Duncan Antiquity II Jazz Bass . Dia juga memiliki beberapa bass lainnya seperti Fender Precision Bass , Music Man StingRay , Ernie Ball Music Man Joe Dart Signature Bass , Hofner Violin Bass , Kala U-Bass , dan Moog Taurus . Dia menggunakan senar D’Addario EXL170 Nickel Wound Bass Strings dengan ketebalan .045-.100 . Dia juga menggunakan ampli Markbass Little Mark Tube 800 dan kabinet Markbass Standard 104HF . ¹²³

Penghargaan

Dart telah menerima banyak penghargaan dan pengakuan sebagai bassist dari kritikus maupun penggemar. Dia telah masuk dalam daftar 10 bassist terbaik versi MusicRadar , 10 bassist terbaik versi Total Guitar , dan 100 bassist terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone . Dia juga dinobatkan sebagai bassist terpanas di planet ini oleh pembaca Bass Guitar Magazine pada tahun 2019.

Kehidupan Pribadi

Dart adalah seorang vegetarian dan pendukung hak-hak binatang. Dia juga seorang penggemar sepak bola Amerika dan pendukung klub Minnesota Vikings . Dart menjalin hubungan dengan penyanyi Rachel Mazer sejak tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *