Bassist Guy Pratt

Guy Pratt adalah seorang bassist, penulis lagu, komposer, aktor, dan komedian asal Inggris yang telah berkolaborasi dengan banyak musisi dan band terkenal. Ia lahir pada tanggal 3 Januari 1962 di London, Inggris, sebagai putra dari aktor, penulis lagu, dan penulis skenario Mike Pratt. Ayahnya meninggal saat Guy berusia 14 tahun. Guy sempat bekerja sebagai desainer grafis sebelum memutuskan untuk menekuni karier musik.

Karier

Karier musik Guy Pratt dimulai saat ia diminta untuk bergabung dengan band Icehouse dari Australia untuk tur dunia pada usia 19 tahun. Pada tahun 1983, ia mendukung David Bowie dalam tur “Serious Moonlight” yang legendaris. Hal ini membuatnya dikenal dan digunakan oleh musisi-musisi seperti Robert Palmer, Bryan Ferry, Womack & Womack, dan bahkan The Smiths di antara lainnya.

Guy Pratt mencapai puncak ketenaran ketika ia dipilih sebagai bassist untuk tur dunia Pink Floyd “Delicate Sound of Thunder” dan “P*U*L*S*E” pada tahun 1987 dan 1994, menggantikan Roger Waters yang keluar dari band. Ia juga menyanyikan vokal latar dalam beberapa lagu seperti “Run Like Hell”, “Another Brick in The Wall (Part 2)”, “Us and Them” dan “Comfortably Numb” bersama dengan David Gilmour selama pertunjukan live. Ia juga bermain bass dalam beberapa lagu di album “The Division Bell”, meskipun sebagian besar bagian bass dimainkan oleh Gilmour. Tony Levin memainkan sebagian besar bagian bass di album “A Momentary Lapse of Reason”, tetapi Pratt menggantikannya dalam tur yang menyertainya karena Levin tidak tersedia. Ia juga tur sebagai bagian dari band David Gilmour “On an Island”, bersama dengan anggota Pink Floyd lainnya (dan ayah mertuanya), Richard Wright.

Selain Pink Floyd, Guy Pratt juga terlibat dalam proyek-proyek lain seperti The Transit Kings (bersama Alex Paterson dari The Orb dan Jimmy Cauty dari The KLF), The Smiths (sebagai pengganti Andy Rourke untuk satu pertunjukan), Roxy Music (untuk album “Avalon” dan tur yang menyertainya), Gary Moore (untuk album “After the War” dan tur yang menyertainya), Coverdale Page (untuk tur Jepang), Madonna (untuk album “Like a Prayer”), Michael Jackson (untuk album “Earth Song”), Tom Jones (untuk album “Reload”), The Power Station (untuk album “Living in Fear” dan tur yang menyertainya), dan Tears for Fears (untuk album “Elemental”). Ia juga telah bermain bass untuk banyak artis lain seperti Sophie Ellis Bextor, Iggy Pop, The Pretenders, Ronan Keating, Electronic, Echo & the Bunnymen, Natalie Imbruglia, All Saints, Bond, dan Elton John. Ia juga telah menciptakan lagu-lagu yang menjadi hits untuk artis-artis seperti Robert Palmer, The Orb, Fat Les, Jimmy Nail, Marianne Faithful dan Debbie Harry. Ia pernah memenangkan Grammy Award dan dinominasikan untuk dua Ivor Novello Awards.

Kehidupan Pribadi

Guy Pratt menikah dengan Gala Wright, putri dari Richard Wright dari Pink Floyd pada tahun 1996 di London. Mereka memiliki seorang putra bernama Charlie. Ia adalah seorang penganut agama Yahudi dan sering bercanda tentang hal itu dalam pertunjukan komedinya. Baiklah, ini adalah lanjutan konten HTML yang saya buat:

at dalam bidang komedi dan telah melakukan pertunjukan stand-up di berbagai tempat. Ia juga menulis buku autobiografi berjudul “My Bass and Other Animals” yang menceritakan pengalamannya sebagai bassist untuk Pink Floyd dan artis-artis lainnya. Buku ini dirilis pada tahun 2007 dan mendapat ulasan positif dari para kritikus dan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *