Bassist Tim Commerford

Tim Commerford adalah seorang musisi Amerika yang terkenal sebagai bassist dan vokalis latar untuk band rock Rage Against the Machine, dan supergrup Audioslave dan Prophets of Rage. Sejak tahun 2013 dan 2015, ia juga menjadi vokalis dan bassist untuk band Future User dan Wakrat. Ia lahir pada tanggal 26 Februari 1968 di Irvine, California, Amerika Serikat, sebagai putra dari seorang insinyur penerbangan dan seorang matematikawan. Ayahnya bekerja untuk pesawat ulang-alik NASA. Tim adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ia tumbuh di Orange County, California.

Karier

Karier musik Tim Commerford dimulai saat ia diminta untuk bergabung dengan band Icehouse dari Australia untuk tur dunia pada usia 19 tahun. Pada tahun 1983, ia mendukung David Bowie dalam tur “Serious Moonlight” yang legendaris. Hal ini membuatnya dikenal dan digunakan oleh musisi-musisi seperti Robert Palmer, Bryan Ferry, Womack & Womack, dan bahkan The Smiths di antara lainnya.

Pada tahun 1991, ia bergabung dengan Rage Against the Machine, sebuah band rock yang menggabungkan unsur rap dan metal, bersama dengan Zack de la Rocha, Tom Morello, dan Brad Wilk. Band ini meraih kesuksesan besar dengan merilis empat album studio yang mendapat sambutan baik dari kritikus dan penggemar. Band ini juga dikenal karena lirik-liriknya yang politis dan aksi-aksi protesnya. Tim Commerford bermain bass dan menyanyikan vokal latar dalam beberapa lagu seperti “Run Like Hell”, “Another Brick in The Wall (Part 2)”, “Us and Them” dan “Comfortably Numb” bersama dengan David Gilmour selama pertunjukan live. Ia juga berkontribusi dalam penulisan lagu untuk band ini. Band ini memenangkan dua Grammy Award untuk kategori Best Hard Rock Performance dan Best Metal Performance. Band ini bubar pada tahun 2000 setelah Zack de la Rocha keluar dari band.

Setelah Rage Against the Machine bubar, Tim Commerford bergabung dengan Audioslave, sebuah supergrup yang terdiri dari mantan anggota Soundgarden Chris Cornell dan mantan anggota Rage Against the Machine Tom Morello dan Brad Wilk. Band ini merilis tiga album studio yang mendapat sertifikat platinum dan emas. Band ini juga membuat sejarah dengan menjadi band Amerika pertama yang tampil di Kuba pada tahun 2005. Band ini bubar pada tahun 2007 setelah Chris Cornell keluar dari band.

Pada tahun 2013, Tim Commerford membentuk band Future User bersama dengan Jordan Tarlow dan John Knox. Band ini mengusung genre musik elektronik dan rock progresif. Band ini merilis album debutnya berjudul #SteroidsOrHeroin pada tahun 2015 melalui label milik Tim sendiri, Middle Ring Partnership. Album ini menampilkan kolaborasi dengan Tom Morello, Geddy Lee dari Rush, dan Stewart Copeland dari The Police.

Pada tahun 2015, Tim Commerford membentuk band Wakrat bersama dengan Mathias Wakrat dan Laurent Grangeon. Band ini mengusung genre musik punk rock dan hardcore punk. Band ini merilis album debutnya berjudul Wakrat pada tahun 2016 melalui label Earache Records. Album ini mendapat ulasan positif dari para kritikus musik Band ini juga melakukan tur bersama dengan Prophets of Rage.

, sebuah supergrup yang terdiri dari anggota Rage Against the Machine, Public Enemy, dan Cypress Hill.

Kehidupan Pribadi

Tim Commerford menikah dengan Aleece Dimas, seorang aktivis AIDS dan profesional medis pada tahun 2001. Mereka memiliki seorang putra bernama Xavier, yang pernah muncul bersama dengan Tim dalam video Audioslave “Like a Stone” pada tahun 2003. Mereka juga memiliki seorang putri bernama Zia. Tim dan Aleece bercerai pada tahun 2015.

Tim Commerford adalah seorang penganut agama Katolik dan sering mengenakan salib di lehernya. Ia juga memiliki banyak tato di tubuhnya, termasuk dua lingkaran di pantatnya. Ia mengatakan bahwa tato-tatonya adalah cara untuk mengekspresikan dirinya dan melawan sistem. Ia juga memiliki hobi seperti bersepeda gunung dan panjat tebing. Ia pernah mendaki Gunung Kilimanjaro bersama dengan Tom Morello pada tahun 2009.

Kesimpulan

Tim Commerford adalah seorang bassist yang berbakat dan berpengaruh dalam dunia musik rock. Ia telah bermain bersama dengan band-band legendaris seperti Rage Against the Machine dan Audioslave, dan juga membentuk band-band baru seperti Future User dan Wakrat. Ia juga dikenal karena gaya bermain bassnya yang funk metal dan vokal latarnya yang kuat. Ia juga menulis lagu-lagu yang menjadi hits dan memenangkan penghargaan musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *