Bassist Bootsy Collins

Bootsy Collins adalah seorang bassist, komposer, produser, dan ikon asal Amerika Serikat yang terkenal dengan gaya bermain bass funk yang enerjik dan ekspresif. Ia telah berkolaborasi dengan banyak musisi dan grup musik seperti James Brown, Parliament-Funkadelic, Bootsy’s Rubber Band, Praxis, Buckethead, Snoop Dogg, Fatboy Slim, dan banyak lagi. Ia juga telah merilis lebih dari 20 album solo dan memenangkan beberapa penghargaan.

Awal Karier

Bootsy Collins lahir pada tanggal 26 Oktober 1951 di Cincinnati, Ohio. Nama aslinya adalah William Earl Collins. Ia mulai belajar bermain gitar pada usia enam tahun dan beralih ke bass pada usia sembilan tahun. Ia terinspirasi oleh bassist seperti James Jamerson, Larry Graham, Willie Dixon, Jack Bruce, dan Jimi Hendrix. Ia juga belajar bermain drum dan perkusi.

Pada usia 15 tahun, ia sudah mulai tampil di klub-klub lokal bersama band-band seperti The Pacemakers dan The JBs. Ia juga menjadi anggota dari The House Guests, sebuah grup musik yang terdiri dari mantan anggota The JBs. Pada tahun 1970, ia ditemukan oleh penyanyi soul legendaris James Brown yang memintanya untuk bergabung dengan bandnya. Ia kemudian menjadi anggota tetap band Brown dan berkontribusi dalam penulisan lagu-lagu seperti “Get Up (I Feel Like Being a) Sex Machine”, “Super Bad”, “Soul Power”, dan “Talkin’ Loud and Sayin’ Nothing”. Ia juga memperkenalkan gaya bermain bass funk yang meliputi teknik slap, syncopation, groove, dan wah-wah.

Kolaborasi dengan Parliament-Funkadelic

Salah satu kolaborasi paling sukses dalam karier Bootsy Collins adalah dengan grup musik funk Parliament-Funkadelic yang dipimpin oleh George Clinton. Ia pertama kali bertemu dengan Clinton pada tahun 1971 saat ia sedang merekam album solo pertamanya yang berjudul Stretchin’ Out in Bootsy’s Rubber Band. Ia kemudian menjadi teman baik dengan Clinton dan sering bermain bersama di studio dan panggung.

Pada tahun 1972, ia bergabung dengan Parliament-Funkadelic sebagai bassist utama dan juga sebagai karakter bernama Bootzilla atau Casper the Funky Ghost. Ia menjadi salah satu anggota paling menonjol dan kreatif dari grup tersebut dan berkontribusi dalam penulisan lagu-lagu seperti “Flash Light”, “One Nation Under a Groove”, “Mothership Connection”, “Give Up the Funk (Tear the Roof off the Sucker)”, dan “Atomic Dog”. Ia juga memperkenalkan gaya bermain bass funk yang lebih eksperimental dan futuristik dengan menggunakan efek-efek seperti envelope filter, flanger, phaser, octave divider, delay Baik, saya akan melanjutkan kontennya. Ini adalah hasilnya: , dan synthesizer.Karier Solo

Selain berkolaborasi dengan musisi dan grup musik lain, Bootsy Collins juga memiliki karier solo yang fenomenal. Ia merilis album solo pertamanya yang berjudul Stretchin’ Out in Bootsy’s Rubber Band pada tahun 1976. Album ini menampilkan gaya musik funk yang lebih melodi dan pop dengan pengaruh dari disco dan soul. Album ini juga menampilkan lagu-lagu hit seperti “I’d Rather Be with You”, “Stretchin’ Out (In a Rubber Band)”, dan “Psychoticbumpschool”. Album ini mendapat pujian kritis dan komersial dan memenangkan Billboard Music Award untuk Best R&B Album.

Album solo kedua Collins yang berjudul Ahh…The Name Is Bootsy, Baby! dirilis pada tahun 1977. Album ini merupakan album konseptual yang bercerita tentang petualangan Bootzilla di dunia funk. Album ini menampilkan gaya musik funk yang lebih keras dan eksentrik dengan pengaruh dari rock dan psychedelia. Album ini juga menampilkan lagu-lagu hit seperti “Ahh…The Name Is Bootsy, Baby”, “The Pinocchio Theory”, “What’s a Telephone Bill?”, dan “Munchies for Your Love”. Album ini mendapat pujian kritis dan komersial dan memenangkan Billboard Music Award untuk Best R&B Album.

Pada tahun 1980, Collins merilis album solo ketiganya yang berjudul Ultra Wave. Album ini merupakan album eksperimental yang menampilkan gaya musik funk yang lebih variatif dan inovatif dengan pengaruh dari new wave, electro, rap, dan reggae. Album ini juga menampilkan lagu-lagu hit seperti “Body Slam”, “Freak to Freak”, “Mug Push”, dan “Sound Crack”. Album ini mendapat pujian kritis dan komersial dan memenangkan Billboard Music Award untuk Best R&B Album.

Proyek-Proyek Lain

Selain menjadi bassist, komposer, dan produser, Bootsy Collins juga terlibat dalam berbagai proyek lain di bidang musik dan sosial. Ia telah membuat musik untuk beberapa film seperti Superbad (2007), Role Models (2008), Bruno (2009), The Other Guys (2010), dan Super (2010). Ia juga menjadi bintang tamu untuk beberapa acara televisi seperti The Fresh Prince of Bel-Air (1993), Space Ghost Coast to Coast (1996), The Bernie Mac Show (2005), Robot Chicken (2006), Yo Gabba Gabba! (2010), dan Black Dynamite (2014).

Bootsy Collins juga aktif dalam kegiatan sosial dan pendidikan. Ia menjadi pendiri dari Bootsy Collins Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang memberikan bantuan kepada anak-anak dan keluarga yang membutuhkan di Cincinnati. Ia juga menjadi pendiri dari Funk University, sebuah sekolah online yang mengajarkan tentang sejarah dan teknik bermain bass funk. Ia juga sering mengajar dan memberi workshop di berbagai sekolah musik dan universitas seperti Berklee College of Music, Musicians Institute, Bass Collective, dan University of Cincinnati.

Penghargaan dan Pengaruh

Bootsy Collins telah menerima banyak penghargaan dan pengakuan atas karya-karyanya di dunia musik. Ia telah memenangkan tiga Grammy Award untuk Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocal (“P-Funk (Wants to Get Funked Up)” bersama Parliament-Funkadelic pada tahun 1979), Best Short Form Music Video (“Weapon of Choice” bersama Fatboy Slim pada tahun 2001), dan Best Pop Instrumental Performance (“Sinister Minister” bersama Béla Fleck and the Flecktones pada tahun 1997). Ia juga telah dinominasikan untuk lima Grammy Award lainnya.

Bootsy Collins juga telah mendapatkan penghargaan lain seperti Rock and Roll Hall of Fame Inductee (bersama Parliament-Funkadelic pada tahun 1997), Bass Player Magazine’s Lifetime Achievement Award (2002), Cincinnati Entertainment Award for Lifetime Achievement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *