Paul McCartney

Paul McCartney (lahir 18 Juni 1942) adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan musisi Inggris yang mendapatkan ketenaran dunia dengan The Beatles, di mana ia bermain gitar bass dan berbagi penulisan lagu utama dan vokal utama dengan John Lennon. Salah satu komposer dan penampil paling sukses sepanjang masa, McCartney dikenal karena pendekatannya yang melodis terhadap bermain bass, vokal tenor serbaguna dan lebar, dan peran pentingnya dalam mempopulerkan genre pop rock dan rock psikedelik.

Kehidupan Awal dan Karier Musik

James Paul McCartney lahir di Liverpool, Inggris, dari pasangan James dan Mary McCartney. Ia memiliki saudara laki-laki bernama Michael dan saudara tiri bernama Ruth. Ia mulai tertarik pada musik sejak usia dini, terinspirasi oleh ayahnya yang merupakan pemain piano dan pemimpin band jazz lokal. Ia belajar bermain terompet, gitar dan piano secara otodidak. Ia juga menyukai musik skiffle, rock and roll, dan R&B.

Pada tahun 1957, ia bertemu dengan John Lennon di sebuah gereja di Woolton, di mana Lennon sedang bermain dengan band skiffle-nya, the Quarrymen. McCartney bergabung dengan band tersebut sebagai gitaris ritme, dan segera menjadi teman baik dengan Lennon. Keduanya mulai menulis lagu bersama, terpengaruh oleh Buddy Holly, Little Richard, Elvis Presley, dan Chuck Berry. Pada tahun 1958, George Harrison bergabung dengan band sebagai gitaris utama, dan pada tahun 1960, mereka mengubah nama band mereka menjadi the Beatles. Mereka merekrut Stuart Sutcliffe sebagai bassist dan Pete Best sebagai drummer, dan pergi ke Hamburg, Jerman, untuk bermain di klub-klub malam.

Di Hamburg, McCartney beralih dari gitar ke bass setelah Sutcliffe meninggalkan band untuk mengejar karier seni. Ia membeli gitar bass H√∂fner yang menjadi ciri khasnya selama bertahun-tahun. Ia juga mulai menyanyikan vokal utama pada beberapa lagu, seperti “Long Tall Sally”, “I Saw Her Standing There”, dan “All My Loving”. Pada tahun 1962, setelah kembali ke Inggris, the Beatles mengganti Best dengan Ringo Starr sebagai drummer mereka. Mereka juga bertemu dengan manajer mereka yang baru, Brian Epstein, yang membantu mereka mendapatkan kontrak rekaman dengan Parlophone Records.

Kontribusi untuk The Beatles

McCartney adalah salah satu anggota kreatif utama The Beatles, bersama dengan Lennon. Mereka menulis sebagian besar lagu-lagu band tersebut, baik secara bersama-sama maupun secara terpisah. Mereka juga berkolaborasi dengan produser George Martin dan insinyur Geoff Emerick untuk menciptakan suara yang inovatif dan eksperimental di studio rekaman. McCartney sering memainkan instrumen lain selain bass, seperti gitar akustik dan listrik, kibor, drum, terompet, flauta sopranino dan recorder.

Beberapa lagu terkenal yang ditulis atau disumbangkan oleh McCartney untuk The Beatles adalah “Yesterday”, “Hey Jude”, “Let It Be”, “Eleanor Rigby”, “Penny Lane”, “Blackbird”, “Here There and Everywhere”, “Helter Skelter”, “Get Back”, “The Long and Winding Road”, “Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band”, “Back in the U.S.S.R.”, “Lady Madonna”, “Michelle”, “Paperback Writer”, “She Loves You”, “Can’t Buy Me Love”, “I Want to Hold Your Hand”, “And I Love Her”, dan “Yesterday”.

Karier Solo dan Bersama Wings

Setelah The Beatles bubar pada tahun 1970, McCartney melanjutkan karier solonya dengan merilis album pertamanya yang berjudul McCartney, yang ia rekam sendiri di rumahnya dengan menggunakan alat-alat sederhana. Album ini mencapai nomor satu di Amerika Serikat dan nomor dua di Inggris, dan menghasilkan singel hit “Maybe I’m Amazed”. Pada tahun yang sama, ia juga merilis album kedua bersama istrinya Linda McCartney, Ram, yang juga sukses secara komersial dan kritis.

Pada tahun 1971, McCartney membentuk band baru bernama Wings, yang terdiri dari Linda sebagai kibordis dan vokalis, Denny Laine sebagai gitaris dan vokalis, dan Henry McCullough sebagai gitaris. Band ini mengalami beberapa pergantian personel sepanjang tahun 1970-an, termasuk Jimmy McCulloch sebagai gitaris dan Joe English sebagai drummer. Wings merilis sebelas album studio antara tahun 1971 dan 1979, termasuk Band on the Run (1973), Venus and Mars (1975), Wings at the Speed of Sound (1976), dan London Town (1978). Mereka juga menghasilkan beberapa singel nomor satu, seperti “My Love”, “Live and Let Die”, “Band on the Run”, “Listen to What the Man Said”, “Silly Love Songs”, “With a Little Luck”, “Mull of Kintyre”, dan “Coming Up”. Wings juga melakukan tur dunia yang sukses pada pertengahan tahun 1970-an, termasuk konser terbesar sepanjang masa di Seattle Kingdome pada tahun 1976.

McCartney membubarkan Wings pada tahun 1981, setelah ditangkap karena kepemilikan ganja di Jepang. Ia kemudian melanjutkan karier solonya dengan merilis album Tug of War (1982), yang diproduseri oleh George Martin dan menampilkan duet dengan Stevie Wonder (“Ebony and Ivory”) dan Carl Perkins (“Get It”). Album ini mendapat pujian dari para kritikus dan menjadi album terlaris McCartney sejak Band on the Run. Ia juga merilis album Pipes of Peace (1983), yang berisi duet dengan Michael Jackson (“Say Say Say” dan “The Girl Is Mine”). Pada tahun 1984, ia menyusun musik untuk film animasi Rupert and the Frog Song, yang dibintangi oleh karakter kartun favoritnya Rupert Bear. Film ini memenangkan BAFTA untuk Film Animasi Pendek Terbaik.

Karier Terkini

McCartney tetap aktif dalam industri musik hingga saat ini, dengan merilis album baru secara berkala dan melakukan tur di seluruh dunia. Beberapa album terbarunya adalah Flaming Pie (1997), Chaos and Creation in the Backyard (2005), Memory Almost Full (2007), New (2013), Egypt Station (2018), dan McCartney III (2020). Ia juga berkolaborasi dengan berbagai artis, seperti Elvis Costello, Kanye West, Rihanna, Dave Grohl, dan Lady Gaga.

McCartney juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan, seperti mendukung hak-hak binatang, perdamaian dunia, lingkungan hidup, anti-perang, anti-rasisme, anti-penindasan, dan anti-kemiskinan. Ia adalah seorang vegetarian sejak tahun 1975 dan pendukung PETA. Ia juga mendirikan yayasan amalnya sendiri bernama The Paul McCartney Charitable Trust.

McCartney telah menerima banyak penghargaan dan penghormatan atas kontribusinya dalam bidang musik dan budaya. Ia adalah salah satu dari dua anggota The Beatles yang masih hidup (bersama dengan Ringo Starr). Ia dimasukkan ke dalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *